Berpikir Sebagai Pengguna Pemula

Dalam dunia opensource khususnya linux jika kita berbicara tentang hal tersebut kepada orang awam atau orang yang mengerti dan paham dengan dunia IT namun jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan linux pasti berpikiran bahwa linux itu sangatlah susah. Sedikit-sedikit layar hitam atau terminal dengan perintah-perintah yang “ngeri” menurut mereka.

Tapi untuk user yang sudah biasa dan mahir menggunakan linux pola pendekatan yang harus dilakukan adalah menurut saya “berpikir seperti orang awam yang baru atau belum sama sekali mengetahui tentang linux”, dengan pendekatan tersebut saya yakin kita sebagai penggiat linux bisa memahami mau, maksud dan kendala para pengguna awam akan linux.

Tidak usah memunculkan terminal yang nanti mungkin akan “menakuti” user pemula tersebut, munculkan apa kemudahan linux, keindahan linux dan mungkin buat seperti “feel like home” linux itu nyaman untuk mereka gunakan.

Dan juga jangan tekankan mereka kepada satu distro linux serta jangan menekankan kehebatan distro linux tersebut dengan mengecilkan distro linux lainnya. Biarkan user tersebut memilih dan berikan jalan serta kemudahan untuk pilihan distro linux yang digunakan.

Untuk pengguna remaja saya ada pemikiran ekstrim malahan dengan asumsi para remaja adalah “darah muda” kenalkan mereka dengan linux yang memiliki nilai tantangan seperti Backtrack, dengan pemikiran biarkan mereka explorasi Backtrack tersebut dan dengan harapan bisa menjadi “candu linux” untuk mereka.

Kalau perlu Laptop atau PC yang terinstal linux milik user yang sudah terbiasa dengan linux dan bisa digunakan untuk “marketing” linux installkan Compiz, AWN dan semua aplikasi yang “cantik” dipandang mata untuk keperluan “memperkenalkan” linux kepada user pemula pengguna linux.

Mungkin itu pendekatan dengan berpikir sebagai pengguna pemula yang tujuannya untuk mengetahui kemauan, keinginan serta kendala user pemula dalam menggunakan linux..!!!

3 responses to “Berpikir Sebagai Pengguna Pemula

  1. Salam kenal Bro!
    BTW, Klo Linux itu sudah ada nggak yang bisa dukung Aplikasi AutoCAD atau 3DsMax, Klo seandainya ada saya akan pertimbangkan untuk menggunakan Linux.
    Thanks penjelasannya!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s